Contoh RPP Geografi Pemetaan dan SIG
(RPP)
Sekolah :
SMA Negeri 4 Surabaya
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X / Ganjil
Alokasi Waktu : 7 Pertemuan (10 x 45 Menit)
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI 3 : Memahami, menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri
serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
3.2
Memahami dasar-dasar pemetaan, penginderaan
jauh, dan Sistem Informasi Geografis
(SIG)
4.2
Membuat
peta tematik wilayah provinsi dan/atau salah satu pulau di Indonesia
berdasarkan peta rupa Bumi
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.1 Menjelaskan definisi peta
3.2.2 Menjelaskan fungsi peta
3.2.3 Membedakan jenis-jenis peta
3.2.4 Menjelaskan komponen-komponen peta
3.2.5 Menghitung skala peta
3.2.6 Membedakan jenis- jenis proyeksi
peta
3.2.7 Memperbesar dan memperkecil peta
3.2.8 Menjelaskan definisi penginderaan jauh
3.2.9 Menjelaskan komponen- komponen penginderaan jauh
3.2.10 Membedakan jenis-jenis citra penginderaan jauh
3.2.11 Menjelaskan unsur-unsur interpretasi citra
3.2.12 Menjelaskan manfaat citra penginderaan jauh
3.2.13 Menjelaskan definisi SIG
3.2.14 Menjelaskan subsistem dalam SIG
3.2.15 Menjelaskan komponen-komponen SIG
3.2.16 Mendeskripsikan tahapan kerja SIG
3.2.17
Menjelaskan manfaat SIG
4.2 Membuat peta tematik wilayah provinsi dan/atau salah satu pulau di
Indonesia berdasarkan peta rupa Bumi
D.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Melalui studi literatur (membaca buku teks dan sumber lain yang
relevan), peserta didik dapat menjelaskan definisi peta dengan tepat
2.
Melalui studi literatur, peserta didik dapat menjelaskan fungsi
peta dengan tepat
3.
Melalui studi literatur, peserta didik dapat membedakan jenis-jenis
peta dengan tepat
4.
Melalui studi literatur, peserta didik dapat menjelaskan komponen
peta dengan tepat
5.
Melalui latihan soal dari guru, peserta didik dapat menghitung
skala peta dengan tepat
6.
Melalui studi literatur, peserta didik dapat membedakan jenis-jenis
proyeksi peta dengan tepat
7.
Melalui studi literatur, peserta didik dapat memperbesar dan
memperkecil peta dengan benar
8.
Melalui studi literatur peserta didik dapat menjelaskan definisi penginderaan
jauh dengan tepat
9.
Melalui studi literatur, peserta didik dapat menjelaskan komponen penginderaan
jauh dengan tepat
10.
Melalui studi literatur, peserta didik dapat membedakan jenis-jenis
citra penginderaan jauh dengan tepat
11.
Melalui pengamatan, peserta didik dapat membedakan unsur-unsur
interpretasi citra dengan tepat
12.
Melalui studi literatur, peserta didik dapat menjelaskan manfaat
citra penginderaan jauh dengan tepat
13.
Melalui studi literatur, peserta didik dapat menjelaskan definisi
SIG dengan tepat
14.
Melalui studi literatur, peserta didik dapat menjelaskan subsistem
dalam SIG dengan tepat
15.
Melalui studi literatur, peserta didik dapat menjelaskan komponen
SIG dengan tepat
16.
Melalui studi literatur, peserta didik dapat mendeskripsikan
tahapan kerja SIG dengan tepat
17.
Melalui studi literatur, peserta didik dapat menjelaskan manfaat
SIG dengan tepat
E.
Materi Pembelajaran
Materi Pembelajaran Reguler
NO
|
FAKTUAL
|
KONSEPTUAL
|
PROSEDURAL
|
METAKONGNITIF
|
1
|
Fungsi Peta
|
Definisi Peta
|
Skala dan Proyeksi Peta
|
Analisis penggunaan peta
pada kehidupan manusia
|
2
|
Tujuan Pembuatan Peta
|
Pengertian PJ
|
Interpretasi Citra
|
Analisis pemanfaatan penginderaan
jauh pada kehidupan manusia
|
3
|
Jenis-jenis
Peta
|
Pengertian SIG
|
Tahapan Kerja SIG
|
Analisis pemanfaatan
Sistem Informasi Geografi pada kehidupan manusia
|
4
|
Unsur
-unsur Peta
|
Langkah-langkah umum SIG
secara Konvensional
|
||
5
|
Komponen Peta
|
|||
6
|
Jenis-jenis Citra PJ
|
|||
7
|
Komponen SIG
|
Materi Pembelajaran remedial:
Ø Proyeksi peta
Ø Interpretasi peta pada penginderaan jauh
Ø Tahapan kerja SIG
Materi Pembelajaran
pengayaan:
Ø Cara menghitung skala pada peta kontur
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Metode
: Ceramah bervariasi observasi/pengamatan, diskusi, tanya
jawab, unjuk kerja, dan penugasan
Model : Discovery Learning dan Project
Based Learning
Penguatan Karakter : Kerja
sama, tanggung jawab dan santun.
F. Media Pembelajaran
Media Pembelajaran: Slide powerpoint, gambar, LKPD, video, peta,
LCD, laptop,
papan
tulis, dan Mind Map
G. Sumber Belajar
Ø Geografi Peminatan Ilmu-ilmu Sosial untuk SMA/MA Kelas X,
Sugiyanto dkk, Tiga
Serangkai (Platinum), 2017, Solo.
Ø Geografi
Peminatan Ilmu-ilmu Sosial;`untuk SMA/MA Kelas X, Yasinto Sindhu. P. Erlangga. 2016.
Ø LKPD,
Buku lain yang relevan
dan Internet
H. Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan Pertama
Indikator
3.2.1 Menjelaskan definisi peta
3.2.2 Menjelaskan fungsi peta
3.2.3 Membedakan jenis-jenis peta
3.2.4 Menjelaskan komponen-komponen peta
Langkah Pembelajaran
|
Sintak Model Pembelajaran
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
· Salam, Berdo’a bersama dan absensi peserta didik
· Apersepsi menanyakan tentang peta dengan menunjukkan bentuk peta pada peserta
didik:
“benda apakah ini?, “apa yang kalian tahu
tentang peta?
· Motivasi (guru menyampaikan manfaat
mempelajari peta)
· Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensi
· Guru menyampaikan cakupan materi dan
uraian kegiatan pembelajaran
|
||
Kegitan Inti
|
Stimulation (Pemberian Stimulus)
|
Mengamati
Ø Peserta didik
membaca materi pada slide power point,
menyimak tayangan video dan membaca buku teks tentang definisi peta, jenis-jenis peta, fungsi dan komponen peta.
Ø Peserta didik menjelaskan pengertian peta, jenis-jenis peta dan fungsi peta dengan menggunakan bahasa
sendiri secara individu dan menyampaikannya secara bergantian.
Ø Peserta didik mengamati komponen-komponen pada peta (peta tematik dan
RBI) yang diberikan oleh guru.
|
|
Problem statement (Identifikasi masalah)
|
Menanya (faktual, koseptual, prosedural dan metakognitif)
Peserta didik bertanya mengenai materi definisi peta, jenis-jenis peta, fungsi dan komponen peta. Berdasarkan hasil pengamatan sebelumnya
yaitu materi:
·
(faktual) apa definisi peta?
·
(konseptual) apa perbedaan antara peta umum dan
peta khusus?
·
(konseptual) apakah fungsi peta tersebut?
·
(konseptual) apa saja komponen-komponen dari
peta tersebut?
Peserta didik merumuskan pertanyaan yang menjadi fokus pembelajaran yaitu definisi peta, jenis-jenis peta, fungsi dan komponen-komponen peta.
|
||
Data Collecting (Penumpulan Data)
|
Mengumpulkan informasi
Peserta didik membentuk kelompok yaitu, satu kelompok terdiri dari empat atau
lima orang dan bertugas untuk mengumpulkan informasi dari berbagai sumber (buku dan artikel pada internet) berkaitan tentang
pengertian peta, serta membedakan jenis peta berdasarkan skala, isi atau data yang disajikan, serta berdasarkan
keadaan objek, fungsi peta dan bagian-bagian komponen peta
|
||
Data Processing (Mengolah Data)
|
Mengasosiasi /mengolah informasi
Peserta didik mengolah informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber (buku dan internet) dengan menyelesaikan tugas pada lembar LKPD 1
|
||
Verification
|
Peserta didik membandingkan
hasil temuan tentang definisi peta, jenis-jenis peta, fungsi dan komponen-komponen peta dengan hasil diskusi kelompok yang lain.
|
||
Generalization
|
Mengomunikasikan
·
Setelah membandingkan informasi yang
di dapat oleh Peserta didik dari berbagai sumber buku dan internet dan di mengkomunikasikan
dengan guru, lalu dilanjutkan kegiatan menyimpulkan definisi peta, jenis-jenis
peta, fungsi dan komponen-komponen peta secara bersama-sama
· Peserta didik menyimpulkan Hasil diskusi
kelompok mengenai materi tersebut.
|
||
Penutup
|
·
Guru bersama peserta didik
menyimpulkan materi pelajaran
·
Guru menyampaikan refleksi
proses pembelajaran yang telah dilakukan dan memberikan tugas menggambar denah perjalanan
dari rumah ke sekolah sebagai pekerjaan rumah.
·
Guru melaksanakan penilaian
kognitif dan penilaian sikap
·
Guru menghimbau agar peserta didik mempelajari materi untuk pertemuan selanjutnya, dan mengumpulkan pertanyaan terkait materi
yang tidak dipahami
·
Guru menutup pembelajaran dengan berdoa
|
5’
|
2. Pertemuan Kedua
Indikator :
3.2.5 Menghitung skala peta
3.2.6 Membedakan jenis- jenis proyeksi peta
3.2.7 Memperbesar dan memperkecil peta
Langkah Pembelajaran
|
Sintak Model Pembelajaran
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
· Salam, Berdo’a bersama dan absensi peserta didik
· Apersepsi, motivasi
· Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensi
· Guru menyampaikan cakupan materi dan
uraian kegiatan pembelajaran
|
||
Kegitan Inti
|
Stimulation (Pemberian Stimulus)
|
Mengamati
Ø Peserta didik
membaca materi pada slide power point dan pada
bahan ajar, menyimak tayangan video dan membaca buku teks tentang skala peta, jenis-jenis proyeksi peta. Guru menunjukkan bagaimana cara menghitung skala, dan menjelaskan
menggunaka masing-masing proyeksi peta,dan cara memperbesar dan memperkecil
peta
|
|
Problem statement (Identifikasi masalah)
|
Menanya (faktual, koseptual, prosedural dan metakognitif)
Peserta didik bertanya mengenai materi. Berdasarkan hasil pengamatan
sebelumnya yaitu materi:
-
(prosedural) bagaimana menghitung skala peta?
-
(konseptual) membedakan jenis-jenis proyeksi peta ?
-
(prosedural) bagaimana cara memperbesar dan
memperkecil peta?
|
||
Data Collecting (Penumpulan Data)
|
Mengumpulkan informasi
Peserta didik membentuk kelompok secara acak yaitu, satu kelompok terdiri
dari empat orang (heterogen) dan bertugas untuk mengumpulkan informasi dari berbagai sumber (buku dan artikel pada internet) berkaitan tentang
bagaimana cara menghitung skala, perbedaan jenis
proyeksi peta dan sistem proyeksi peta di Indonesia
|
||
Data Processing (Mengolah Data)
|
Mengasosiasi /mengolah informasi
Peserta didik mengolah informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai
sumber (buku dan internet) dan petunjuk dari guru, dengan menyelesaikan tugas
pada lembar LKPD 2 dengan benar dan peserta didik saling berkerja sama dan aktif dalam diskusi
kelompok tersebut. Peserta didik dapat menghitung skala peta.
|
||
Verification
|
Peserta didik membandingkan
hasil temuan tentang materi diskusi dengan hasil diskusi kelompok yang lain.
|
||
Generalization
|
Mengomunikasikan
·
Setelah membandingkan informasi yang
di dapat oleh Peserta didik dari berbagai sumber buku dan dari internet juga mengkomunikasikannya dengan guru, lalu
dilanjutkan kegiatan menyimpulkan secara bersama-sama
· Peserta didik menyimpulkan hasil
diskusi kelompok mengenai materi tersebut.
|
||
Penutup
|
·
Guru bersama peserta didik
menyimpulkan materi pelajaran
·
Guru menyampaikan refleksi
proses pembelajaran yang telah dilakukan dan memberikan tugas memberikan tugas membuat
peta tematik (mind map) tentang materi pemetaan dasar dan membuat peta
tematik (dengan bebas kreasi) sebagai pekerjaan rumah.
·
Guru melaksanakan penilaian
kognitif dan penilaian sikap
·
Guru menghimbau agar peserta didik mempelajari materi untuk pertemuan selanjutnya, dan mengumpulkan pertanyaan terkait materi
yang tidak dipahami
·
Guru menutup pembelajaran dengan berdoa
|
3. Pertemuan Ketiga
Indikator :
3.2.8 Menjelaskan definisi penginderaan jauh
3.2.9 Menjelaskan komponen- komponen penginderaan jauh
3.2.10 Membedakan jenis-jenis citra penginderaan jauh
Langkah Pembelajaran
|
Sintak Model Pembelajaran
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
· Salam, Berdo’a bersama dan absensi peserta didik
· Apersepsi, motivasi
· Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensi
· Guru menyampaikan cakupan materi dan
uraian kegiatan pembelajaran
|
||
Kegitan Inti
|
Stimulation (Pemberian Stimulus)
|
Mengamati
Ø Peserta didik
membaca materi pada slide power point,
menyimak tayangan video dan membaca buku teks tentang definisi penginderaan jauh, jenis-jenis citra dan komponen penginderaan jauh.
|
|
Problem statement (Identifikasi masalah)
|
Menanya (faktual, koseptual, prosedural dan metakognitif)
Peserta didik bertanya mengenai materi. Berdasarkan hasil pengamatan
sebelumnya yaitu materi:
Ø
(faktual) apa definisi penginderaan jauh?
Ø
(konseptual) apa saja komponen PJ?
Ø (konseptual) apa saja jenis-jenis citra penginderaan jauh?
Guru menunjukkan beberapa gambar citra foto agar
peserta didik dapat menggolongkan jenis citra yang dihasilkan (foto atau non
foto).
|
||
Data Collecting (Penumpulan Data)
|
Mengumpulkan informasi
Peserta didik membentuk kelompok secara acak yaitu, satu kelompok terdiri
dari empat orang (heterogen) dan bertugas untuk mengumpulkan informasi dari berbagai sumber (buku dan artikel pada internet) berkaitan tentang komponen penginderaan jauh, dan cara membedakan
jenis- jenis citra penginderaan jauh
|
||
Data Processing (Mengolah Data)
|
Mengasosiasi /mengolah informasi
Peserta didik mengolah informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber (buku dan internet) dengan menyelesaikan tugas pada lembar LKPD 3 dengan
benar dan peserta didik saling
berkerja sama dan aktif dalam diskusi kelompok tersebut.
|
||
Verification
|
Peserta didik membandingkan
hasil temuan tentang materi diskusi dengan hasil diskusi kelompok yang lain.
|
||
Generalization
|
Mengomunikasikan
·
Setelah membandingkan informasi yang
di dapat oleh Peserta didik dari berbagai sumber buku dan internet dan di
mengkomunikasikan dengan guru, lalu dilanjutkan kegiatan menyimpulkan secara bersama-sama
· Peserta didik menyimpulkan hasil
diskusi kelompok mengenai materi tersebut.
|
||
Penutup
|
·
Guru bersama peserta didik
menyimpulkan materi pelajaran
·
Guru menyampaikan refleksi
proses pembelajaran yang telah dilakukan dan memberikan tugas melineasi
beberapa citra foto untuk dipresentasikan hasil identifikasi unsur-usnur yang tampak di dalamnya
·
Guru melaksanakan penilaian
kognitif dan penilaian sikap
·
Guru menghimbau agar peserta didik mempelajari materi untuk pertemuan selanjutnya, dan mengumpulkan pertanyaan terkait materi yang tidak dipahami.
·
Guru menutup pembelajaran dengan berdoa
|
4. Pertemuan Keempat
Indikator :
3.2.11 Menjelaskan unsur-unsur interpretasi citra
3.2.12 Menjelaskan manfaat citra penginderaan jauh
Langkah Pembelajaran
|
Sintak Model Pembelajaran
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
· Salam, Berdo’a bersama dan absensi peserta didik
· Apersepsi, motivasi
· Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensi
· Guru menyampaikan cakupan materi dan
uraian kegiatan pembelajaran
|
||
Kegitan Inti
|
Stimulation (Pemberian Stimulus)
|
Mengamati
Ø Peserta didik
membaca materi pada slide power point,
menyimak tayangan video dan membaca buku teks tentang unsur-unsur interpretasi citra dan manfaat citra
penginderaan jauh. Peserta didik mengamati salah satu foto citra hasil
penginderaan jauh dan mencoba menginterpretasi unsur-unsur di dalamnya.
|
|
Problem statement (Identifikasi masalah)
|
Menanya (faktual, koseptual, prosedural dan metakognitif)
Peserta didik bertanya mengenai materi. Berdasarkan hasil pengamatan
sebelumnya yaitu materi:
-
(konseptual)
apa saja unsur-unsur interpretasi citra?
-
(prosedural) bagaimana cara melakukan interpretasi citra?
-
(konseptual) apa saja manfaat citra penginderaan
jauh bagi kehidupan?
|
||
Data Collecting (Penumpulan Data)
|
Mengumpulkan informasi
Peserta didik membentuk kelompok secara acak yaitu, satu kelompok terdiri
dari empat orang (heterogen) dan bertugas untuk mengumpulkan informasi dari berbagai sumber (buku dan artikel pada internet) berkaitan tentang unsur-unsur interpretasi citra, dan mengetahui manfaat penginderaan jauh.
|
||
Data Processing (Mengolah Data)
|
Mengasosiasi /mengolah informasi
Peserta didik mengolah informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai
sumber (buku dan internet) dengan menyelesaikan tugas pada lembar LKPD 4
(lineasi ciri-ciri spektral, dll pada citra foto penginderaan jauh) dan
peserta didik saling berkerja sama dan
aktif dalam diskusi kelompok tersebut.
|
||
Verification
|
Peserta didik membandingkan
hasil temuan tentang materi diskusi dengan hasil diskusi kelompok yang lain.
|
||
Generalization
|
Mengomunikasikan
·
Setelah membandingkan informasi yang
di dapat oleh Peserta didik dari berbagai sumber buku dan internet dan di
mengkomunikasikan dengan guru, lalu dilanjutkan kegiatan menyimpulkan secara bersama-sama
· Peserta didik menyimpulkan hasil
diskusi kelompok mengenai materi tersebut.
|
||
Penutup
|
·
Guru bersama peserta didik
menyimpulkan materi pelajaran
·
Guru menyampaikan refleksi
proses pembelajaran yang telah dilakukan dan memberikan tugas membuat klipping (kumpulan
artikel & berita dari koran/situs internet) tentang materi penginderaan
jauh sebagai pekerjaan rumah.
·
Guru melaksanakan penilaian
kognitif dan penilaian sikap
·
Guru menyampaikan informasi
untuk pembelajaran selanjutnya
·
Guru menutup pembelajaran dengan berdoa
|
5. Pertemuan Kelima
Indikator :
3.2.13 Menjelaskan definisi SIG
3.2.14 Menjelaskan subsistem dalam SIG
3.2.15 Menjelaskan komponen-komponen SIG
Langkah Pembelajaran
|
Sintak Model Pembelajaran
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
· Salam, Berdo’a bersama dan absensi peserta didik
· Apersepsi, motivasi
· Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensi
· Guru menyampaikan cakupan materi dan
uraian kegiatan pembelajaran
|
||
Kegitan Inti
|
Stimulation (Pemberian Stimulus)
|
Mengamati
Peserta didik membaca materi dan gambar pada slide
power point, menyimak tayangan video dan membaca buku teks tentang definisi, subsistem dan komponen-komponen SIG.
|
|
Problem statement (Identifikasi masalah)
|
Menanya (faktual, koseptual, prosedural dan metakognitif)
Peserta didik bertanya mengenai materi. Berdasarkan hasil pengamatan
sebelumnya yaitu materi:
-
(faktual) apa definisi SIG adalah?
-
(konseptual) apa saja yang terdiri dari
subsistem SIG?
-
(konseptual) apa saja yang termasuk dalam
komponen-komponen SIG?
|
||
Data Collecting (Penumpulan Data)
|
Mengumpulkan informasi
Peserta didik membentuk kelompok secara acak yaitu, satu kelompok terdiri
dari empat orang (heterogen) dan bertugas untuk mengumpulkan informasi dari berbagai sumber (buku dan artikel pada internet) berkaitan tentang definisi SIG, subsistem SIG, dan komponen-komponen SIG
|
||
Data Processing (Mengolah Data)
|
Mengasosiasi /mengolah informasi
Peserta didik mengolah informasi yang telah dikumpulkan
dari berbagai sumber (buku dan internet) dengan menyelesaikan tugas
pada LKPD 5 dengan benar dan peserta didik saling berkerja sama dan aktif dalam diskusi
kelompok tersebut.
|
||
Verification
|
Peserta didik membandingkan
hasil temuan tentang materi diskusi dengan hasil diskusi kelompok yang lain.
|
||
Generalization
|
Mengomunikasikan
·
Setelah membandingkan informasi yang
di dapat oleh Peserta didik dari berbagai sumber buku dan internet dan di
mengkomunikasikan dengan guru, lalu dilanjutkan kegiatan menyimpulkan secara bersama-sama
· Peserta didik menyimpulkan hasil
diskusi kelompok mengenai materi tersebut.
|
||
Penutup
|
·
Guru bersama peserta didik menyimpulkan
materi pelajaran
·
Guru menyampaikan refleksi
proses pembelajaran yang telah dilakukan dan memberikan tugas membuat peta konsep (mind
map) tentang materi SIG sebagai pekerjaan rumah.
·
Guru melaksanakan penilaian
kognitif dan penilaian sikap
·
Guru menyampaikan informasi
untuk pembelajaran selanjutnya
·
Guru menutup pembelajaran dengan berdoa
|
6. Pertemuan Keenam
Indikator :
3.2.16
Mendeskripsikan tahapan kerja SIG
3.2.17
Menjelaskan manfaat SIG
Langkah Pembelajaran
|
Sintak Model Pembelajaran
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
· Salam, Berdo’a bersama dan absensi peserta didik
· Apersepsi, motivasi
· Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensi
· Guru menyampaikan cakupan materi dan
uraian kegiatan pembelajaran
|
||
Kegitan Inti
|
Stimulation (Pemberian Stimulus)
|
Mengamati
Peserta didik membaca materi pada
slide power point, menyimak tayangan video dan membaca buku teks tentang tahapan kerja SIG dan manfaat SIG.
|
|
Problem statement (Identifikasi masalah)
|
Menanya (faktual, koseptual, prosedural dan metakognitif)
Peserta didik bertanya mengenai materi. Berdasarkan hasil pengamatan
sebelumnya yaitu materi:
-
( prosedural) bagaimana proses tahapan kerja SIG?
-
(konseptual) apa saja manfaat SIG dalam
kehidupan manusia?
|
||
Data Collecting (Penumpulan Data)
|
Mengumpulkan informasi
Peserta didik membentuk kelompok secara acak yaitu, satu kelompok terdiri
dari empat orang (heterogen) dan bertugas untuk mengumpulkan informasi dari berbagai sumber (buku dan artikel pada internet) berkaitan tentang tahapan kerja SIG, dan manfaat SIG bagi kehidupan manusia?
|
||
Data Processing (Mengolah Data)
|
Mengasosiasi /mengolah informasi
Peserta didik mengolah informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber (buku dan internet) dengan menyelesaikan tugas pada LKPD 6 dengan benar
dan peserta didik saling berkerja sama
dan aktif dalam diskusi kelompok tersebut.
|
||
Verification
|
Peserta didik membandingkan
hasil temuan tentang materi diskusi dengan hasil diskusi kelompok yang lain.
|
||
Generalization
|
Mengomunikasikan
·
Setelah membandingkan informasi yang
di dapat oleh Peserta didik dari berbagai sumber buku dan internet dan di
mengkomunikasikan dengan guru, lalu dilanjutkan kegiatan menyimpulkan secara bersama-sama
· Peserta didik menyimpulkan hasil
diskusi kelompok mengenai materi tersebut.
|
||
Penutup
|
·
Guru bersama peserta didik
menyimpulkan materi pelajaran
·
Guru menyampaikan refleksi
proses pembelajaran yang telah dilakukan dan memberikan tugas membuat kliping (kumpulan
artikel atau berita) tentang manfaat SIG dari sosial media dan koran sebagai
pekerjaan rumah yang dikumpulkan sebelum ulangan harian
·
Guru melaksanakan penilaian
kognitif dan penilaian sikap
·
Guru menyampaikan informasi
untuk ulangan harian di pertemuan selanjutnya
·
Guru menutup pembelajaran dengan berdoa
|
........................................................
Mengetahui:
Guru Pamong Mata Pelajaran Geografi Guru PPL PPG Unesa
....................................................... .......................................................
0 Response to "Contoh RPP Geografi Pemetaan dan SIG"
Posting Komentar