Soal Pedagogik + Kunci Jawaban UKOM PPG 2018
Pada kurikulum 2013 Konsep pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student active learning) mengacu pada permendikbud ....
a. No 20 tahun 2016 skl
b. No 21 tahun 2016 si
c. No 22 tahun 2016 sp
d. No 23 tahun 2016 spn
e. No 24 tahun 2016
No 2 | |
Pada saat merencanakan pembelajaran, guru harus mampu mengidentifikasi dan memanfaatkan berbagai sumber belajar lokal setempat, guru mengenal situasi dan kondisi sosial ekonomi peserta didik, mengenal dan mengedepankan budaya atau nilai-nilai kearifan lokal, tanpa kehilangan wawasan global. Hal ini sesuai dengan penyusunan RPP yang berprinsip ….
a. Berbasis konteks
b. Berbasis Kekinian
c Pemanfaatan TI
d. Mengembangkan kemandirian
e. Berpusat pada peserta didik
| |
No 3
Pada saat merencanakan pembelajaran, Guru yang mengembangkan siswa selalu akan berusaha agar pada akhirnya siswa berani mengemukakan pendapat atau inisiatif dengan penuh percaya diri. Hal ini sesuai dengan penyusunan RPP yang berprinsip ….
a. Berbasis konteks
b. Berbasis Kekinian
c. Pemanfaatan TI
d. Mengembangkan kemandirian
e. Berpusat pada peserta didik
| |
No 4
Penilaian yang dilakukan untuk memberikan pengakuan atas hasil pencapaian peserta didik menunjukkan ….
a. Assessment for learning
b. Asesment of learning
c. Asesment as learning
d. Asesment to learning
e. Asesment is learning
| |
No 5
Hasil penilaian digunakan untuk perbaikan proses pembelajaran , hal ini merujuk pada ….
a. Assessment for learning
b. Asesment of learning
c. Asesment as learning
d. Asesment to learning
e. Asesment is learning
| |
No 6
Peserta didik diberi pengalaman untuk belajar menjadi penilai bagi dirinya sendiri, hal merujuk pada ….
a. Assessment for learning
b. Asesment of learning
c. Asesment as learning
d. Asesment to learning
e. Asesment is learning
| |
No 7
Penilaian dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi mekanisme, prosedur, teknik, maupun hasilnya. Hal ini sesuai dengan prinsip penilaian ….
a. Terbuka
b. Sistematis
c. Beracuan Kriteria
d. Berkesinambungan
e. Akuntabel
| |
No 8
Penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan. Hal ini sesuai dengan prinsip …. a. Terbuka b. Sistematis c. Beracuan Kriteria d. Berkesinambungan e. Akuntabel | |
No 9
Penilaian sikap yang utama pada mapel PABP dan PPKN dilakukan ….
a. Selama proses (jam) pembelajaran berlangsung
b. selama proses (jam) pembelajaran dan/atau di luar jam pembelajaran
c. Selama proses (jam) dan di akhir pembelajaran berlangsung
d. Dilaksanakan hanya satu kali pada akhir semester
e. Dilakukan berdasar pengamatan dan berbagai informasi
| |
No 10
Penilaian sikap yang utama pada mapel selain PABP dan PPKN dilakukan ….
a. Selama proses (jam) pembelajaran berlangsung
b Selama proses (jam) pembelajaran dan/atau di luar jam pembelajaran
c. Selama proses (jam) dan di akhir pembelajaran berlangsung
d. Dilaksanakan hanya satu kali pada akhir semester
e. Dilakukan berdasar pengamatan dan berbagai informasi
| |
No 11
Saat pelaporan nilai sikap disampaikan dalam bentuk ….
a. Deskripsi dan angka 0-10
b. Deskripsi dan angka 0-100
c. Predikat dan angka 0-100
d. Predikat dan huruf
e. Predikat dan deskripsi
| |
No 12
Saat pelaporan nilai pengetahuan disampaikan dalam bentuk ….
a. Predikat, Deskripsi dan angka 0-10
b. Predikat, Deskripsi dan angka 0-100
c. Predikat dan angka 0-100
d. Predikat dan huruf
e. Predikat dan deskripsi
| |
No 13
Teknik penilaian keterampilan yang mengukur pencapaian pembelajaran yang berupa keterampilan proses adalah …..
a. Produk
b. Projek
c. Portofolio
d. Praktik
e. Teknik lain
| |
No 14
Saat pelaporan nilai keterampilan disampaikan dalam bentuk …. a. Predikat, Deskripsi dan angka 0-10 b. Predikat, Deskripsi dan angka 0-100 c. Predikat dan angka 0-100 d. Predikat dan huruf e. Predikat dan deskripsi | |
No 15
Perhatikan hal berikut:
(1) Tingkat perkembangan peserta didik,
(2) Kualifikasi kompetensi Indonesia,
(3) Penguasaan kompetensi yang berjenjang
(4) Usia peserta didik
(5) Kualitas pendidikan nasional
Tingkat Kompetensi dikembangkan berdasarkan kriteria ….
a. (1), (2), (3)
b. (1), (3), (5)
c. (2), (3), (4)
d. (2), (4), (5)
e. (3), (4), (5)
No 16 | |
Perangkat rencana dan pengaturan tujuan, isi, bahan pelajaran, serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan KBM untuk mecapai tujuan pendidikan tertentu, merupakan konsep ……
a. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
b. Standar Kompetensi Lulusan
c. Kurikulum
d. Silabus
e. Standar Proses
No 17 | |
Kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
a. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
b. Standar Kompetensi Lulusan
c. Kurikulum
d. Silabus
e. Standar Proses
No 18 | |
Perhatikan pernyataan berikut
1. Memberikan bimbingan peserta didik
2. Melakukan penelitian tindakan
3. Membina kurikulum sekolah
4. Mengembangan RPP
5. Menyusun program tahunan
6. Melakukan penilaian
Berdasarkan pernyataan di atas, yang tergolong tugas guru antara lain….
a. 1, 2, 3 b. 1, 3, 5 c. 2, 3, 4 d. 3, 4, 5 e. 4, 5, 6 | |
No 19
Perhatikan pernyataan berikut
1. Memberikan bimbingan peserta didik
2. Melakukan penelitian tindakan
3 Membina kurikulum sekolah
4 Mengembangan RPP
5 Menyusun program tahunan
6 Melakukan penilaian
Berdasarkan pernyataan di atas, yang tergolong tanggung jawab guru antara lain….
a. 1, 2, 3
b. 1, 3, 5
c. 2, 3, 4
d. 3, 4, 5
e. 4, 5, 6
| |
No 20
Dalam pembelajaran guru dapat membantu siswa untuk menata apa yang dia masukkan ke dalam memorinya agar dapat membuat pemahaman secara hirarkis. Pernyataan tersebut menunjukkan guru penerapan teori ….
a. Behavioristik
b. Esensialisme
c. Kognitif
d. Konstrukstivis
c Pragmatisme
| |
No 21
Dalam pembelajaran, guru mengajak siswa untuk melakukan perjalanan, mengamati yang ditemui, dan mengomunikasikan di kelas nantinya. Pernyataan tersebut menunjukkan guru penerapan teori ….
a. Behavioristik
b. Esensialisme
c. Kognitif
d. Konstrukstivis
e. Pragmatisme
| |
No 22
Guru dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif belajar melibatkan komunitas orang yang belajar. Hal ini sesuai dengan pandangan …. a. Piaget b. Vygotzky c. Bandura d. Ausubel e. Meichenbaum No 23 | |
Dalam pembelajaran segala yang terjadi di lingkungan sekitar, faktor pribadi, dan perilaku dipandang saling berinteraksi sebagai kekuatan reciprocal determinism. Hal ini sesuai dengan pandangan ….
a. Piaget
b. Vygotzky
c. Bandura
d. Ausubel
e. Meichenbaum
No 24
| |
Dimensi pembelajaran yang menyangkut cara bagimana siswa dapat mengaitkan informasi itu pada struktur kognitif yang telah ada, yang meliputi fakta, konsep, dan generalisasi yang telah dipelajari dan diingat oleh siswa. Hal ini sesuai dengan pandangan ….
a. Piaget
b. Vygotzky
c. Bandura
d. Ausubel
e. Meichenbaum
| |
No 25
Hasil pembelajaran yang diperoleh siswa dipengaruhi oleh perkembangan kognitif seseorang. Hal ini sesuai dengan pandangan …. a. Piaget b. Vygotzky c. Bandura d. Ausubel e. Meichenbaum |
0 Response to "Soal Pedagogik + Kunci Jawaban UKOM PPG 2018"
Posting Komentar