Soal Pedagogik + Kunci Jawaban UKOM PPG 2018


NO 1
Pada kurikulum 2013 Konsep pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student active learning) mengacu pada permendikbud ....
a. No 20 tahun 2016 skl
b. No 21 tahun 2016 si
c. No 22 tahun 2016 sp
d. No 23 tahun 2016 spn
e. No 24 tahun 2016 


No 2

Pada saat merencanakan pembelajaran, guru harus mampu mengidentifikasi dan memanfaatkan berbagai sumber belajar lokal setempat, guru mengenal situasi dan kondisi sosial ekonomi peserta didik, mengenal dan mengedepankan budaya atau nilai-nilai kearifan lokal, tanpa kehilangan wawasan global. Hal ini sesuai dengan penyusunan RPP  yang berprinsip ….
a. Berbasis konteks
b. Berbasis Kekinian
c  Pemanfaatan TI
d. Mengembangkan kemandirian
e. Berpusat pada peserta didik


No 3
Pada saat merencanakan pembelajaran, Guru yang mengembangkan siswa selalu akan berusaha agar pada akhirnya siswa berani mengemukakan pendapat atau inisiatif dengan penuh percaya diri. Hal ini sesuai dengan penyusunan RPP  yang berprinsip ….
a. Berbasis konteks
b. Berbasis Kekinian
c. Pemanfaatan TI
d. Mengembangkan kemandirian
e. Berpusat pada peserta didik


No 4
Penilaian yang dilakukan untuk memberikan pengakuan atas hasil pencapaian peserta didik menunjukkan  ….
a. Assessment for learning
b. Asesment of learning
c. Asesment as  learning
d. Asesment to learning
e. Asesment  is learning


No 5
Hasil penilaian digunakan untuk perbaikan proses pembelajaran , hal ini merujuk pada ….
     a. Assessment for learning
     b. Asesment of learning
     c. Asesment as  learning
     d. Asesment to learning
     e. Asesment  is learning


No 6
Peserta didik diberi pengalaman untuk belajar menjadi penilai bagi dirinya sendiri, hal merujuk pada ….
a. Assessment for learning
b. Asesment of learning
c. Asesment as  learning
d. Asesment to learning
e. Asesment  is learning


No 7
Penilaian dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi mekanisme, prosedur, teknik, maupun hasilnya. Hal ini sesuai dengan prinsip penilaian ….
a. Terbuka
b. Sistematis
c. Beracuan Kriteria
d. Berkesinambungan
e. Akuntabel


No 8
Penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan. Hal ini sesuai dengan prinsip ….
a. Terbuka
b. Sistematis
c. Beracuan Kriteria
d. Berkesinambungan
e. Akuntabel


No 9
Penilaian sikap  yang utama  pada mapel  PABP dan PPKN dilakukan ….
a. Selama proses (jam) pembelajaran berlangsung
b. selama proses (jam) pembelajaran dan/atau di luar jam pembelajaran
c. Selama proses (jam)  dan di akhir pembelajaran berlangsung
d. Dilaksanakan hanya  satu kali pada akhir semester
e. Dilakukan berdasar pengamatan dan berbagai informasi


No 10
Penilaian sikap  yang utama  pada mapel selain  PABP dan PPKN dilakukan ….
a. Selama proses (jam) pembelajaran berlangsung
b  Selama proses (jam) pembelajaran dan/atau di luar jam pembelajaran
c. Selama proses (jam)  dan di akhir pembelajaran berlangsung
d. Dilaksanakan hanya  satu kali pada akhir semester
e. Dilakukan berdasar pengamatan dan berbagai informasi


No 11
Saat pelaporan nilai sikap disampaikan dalam bentuk ….
a. Deskripsi dan angka 0-10
b. Deskripsi dan angka 0-100
c. Predikat dan angka 0-100
d. Predikat dan huruf
e. Predikat dan deskripsi


No 12
Saat pelaporan nilai pengetahuan disampaikan dalam bentuk ….
a. Predikat, Deskripsi dan angka 0-10
b. Predikat, Deskripsi dan angka 0-100
c. Predikat dan angka 0-100
d. Predikat dan huruf       
e. Predikat dan deskripsi


No 13
Teknik penilaian keterampilan yang mengukur pencapaian pembelajaran yang berupa keterampilan proses adalah …..
a. Produk
b. Projek
c. Portofolio
d. Praktik
e. Teknik lain


No 14
Saat pelaporan nilai keterampilan  disampaikan dalam bentuk ….
a. Predikat, Deskripsi dan angka 0-10
b. Predikat, Deskripsi dan angka 0-100
c. Predikat dan angka 0-100
d. Predikat dan huruf
e. Predikat dan deskripsi


No 15
Perhatikan hal berikut:
(1) Tingkat perkembangan peserta didik,
(2) Kualifikasi kompetensi Indonesia,
(3) Penguasaan kompetensi yang berjenjang
(4) Usia peserta didik
(5) Kualitas pendidikan nasional
Tingkat Kompetensi dikembangkan berdasarkan kriteria ….
a. (1), (2), (3)
b. (1), (3), (5)
c. (2), (3), (4)
d. (2), (4), (5)
e. (3), (4), (5)

No 16

Perangkat rencana dan pengaturan tujuan, isi, bahan pelajaran, serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan KBM untuk mecapai tujuan pendidikan tertentu, merupakan konsep ……
a. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
b. Standar Kompetensi Lulusan
c. Kurikulum
d. Silabus
e. Standar  Proses

No 17

Kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
a. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
b. Standar Kompetensi Lulusan
c. Kurikulum
d. Silabus
e. Standar  Proses

No 18

Perhatikan pernyataan berikut
1. Memberikan bimbingan peserta didik
2. Melakukan penelitian tindakan
3. Membina kurikulum sekolah
4. Mengembangan RPP
5. Menyusun program tahunan
6. Melakukan penilaian
Berdasarkan pernyataan di atas, yang tergolong tugas guru antara lain….
a. 1, 2, 3
b. 1, 3, 5
c. 2, 3, 4
d. 3, 4, 5
e. 4, 5, 6


No 19
Perhatikan pernyataan berikut
1. Memberikan bimbingan peserta didik
2. Melakukan penelitian tindakan
3  Membina kurikulum sekolah
4  Mengembangan RPP
5   Menyusun program tahunan
6   Melakukan penilaian
Berdasarkan pernyataan di atas, yang tergolong  tanggung jawab guru antara lain….
a. 1, 2, 3
b. 1, 3, 5
c.  2, 3, 4
d. 3, 4, 5
e. 4, 5, 6


No 20
Dalam pembelajaran guru dapat membantu siswa untuk menata apa yang dia masukkan ke dalam memorinya agar dapat membuat pemahaman secara hirarkis. Pernyataan tersebut menunjukkan guru penerapan teori ….
a. Behavioristik
b. Esensialisme
c. Kognitif
d. Konstrukstivis
c  Pragmatisme


No 21
Dalam pembelajaran, guru mengajak siswa untuk  melakukan perjalanan, mengamati yang ditemui, dan mengomunikasikan di kelas nantinya. Pernyataan tersebut menunjukkan guru penerapan teori ….
a. Behavioristik
b. Esensialisme
c. Kognitif
d. Konstrukstivis
e. Pragmatisme


No 22
Guru  dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif  belajar melibatkan komunitas orang yang belajar. Hal ini sesuai dengan pandangan ….        
a. Piaget
b. Vygotzky
c. Bandura
d. Ausubel
e. Meichenbaum

No 23

Dalam pembelajaran segala yang terjadi di lingkungan sekitar, faktor pribadi, dan perilaku dipandang saling berinteraksi sebagai kekuatan reciprocal determinism. Hal ini sesuai dengan pandangan ….
a. Piaget
b. Vygotzky
c. Bandura
d. Ausubel
e. Meichenbaum

No 24

Dimensi  pembelajaran yang  menyangkut cara bagimana  siswa  dapat  mengaitkan informasi  itu pada  struktur kognitif yang telah ada, yang meliputi  fakta, konsep, dan generalisasi yang telah  dipelajari dan diingat oleh siswa. Hal ini sesuai dengan pandangan ….
a. Piaget
b. Vygotzky
c. Bandura
dAusubel
e.  Meichenbaum


No 25
Hasil pembelajaran yang diperoleh siswa dipengaruhi oleh perkembangan kognitif seseorang. Hal ini sesuai dengan pandangan ….
a. Piaget
bVygotzky
cBandura
d. Ausubel
e. Meichenbaum



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal Pedagogik + Kunci Jawaban UKOM PPG 2018"

Posting Komentar