PANDUAN OBSERVASI FASILITAS DAN SUMBER BELAJAR
Lakukan observasi terhadap lingkungan sekolah serta fasilitas sekolah
dengan bantuan lembar observasi berikut ini. Catat secara rinci hasil observasi
Anda. Anda dapat memanfaatkan kamera atau video, jika pihak sekolah tidak
keberatan.
NO
|
FASILITAS & SUMBER BELAJAR
|
ASPEK YANG DIAMATI
|
1.
|
Lingkungan
sekitar sekolah
|
Kondisi
kondisi alam, sosial, dan ekonomi lingkungan sekitar sekolah.
Potensi
lingkungan sekitar sekolah yang dapat digunakan sebagai sumber belajar/media
|
2.
|
Lingkungan
sekolah (Prasarana)
|
Kondisi
lingkungan sekolah secara umum
Kelas,
kantor, lapangan, dan ruang terbuka lainnya
Potensi
lingkungan sekolah yang dapat digunakan sebagai sumber belajar/media
|
3.
|
Sarana
sekolah
|
Perpustakaan: buku yang relevan yang
tersedia, terutama BS dan BG. Catat buku yang relevan dengan mata pelajaran
sebagai sumber belajar.
Laboratorium: catat peralatan yang
tersedia beserta kondisinya. Jika tersedia, mintalah dokumen daftar
inventaris alat/bahan laboratorium
Internet: ketersediaan internet
sebagai sumber belajar.
Media: media yang tersedia.
Catat secara detil. Jika tersedia, mintalah dokumen daftar inventaris media.
Lain-lain: sarana lain lingkungan
sekolah yang dapat digunakan sebagai sumber belajar/media
|
PANDUAN WAWANCARA DENGAN SISWA
Petunjuk:
Lakukan wawancara dengan siswa dengan bantuan butir pertanyaan sesuai
tabel. Sifat wawancara adalah terbuka, artinya jika diperlukan pertanyaan
tambahan, peserta dapat menambahkan lagi pertanyaan rinciannya. Jika tersedia
alat perekam, dan siswa tidak keberatan, gunakan alat perekam untuk mendapatkan
data yang lebih akurat.
NO
|
ASPEK
|
BUTIR PERTANYAAN
|
1.
|
Sikap
sebagai siswa
|
Bagaimana
perasaanmu sebagai siswa di sekolah ini? Bagaimana suka dukanya? Apa yang
paling membuatmu merasa senang? Yang membuatmu merasa tidak senang?
|
2.
|
Penerapan
metode pembelajaran oleh guru
|
Bagaimanakah
cara pembelajaran Bpk/Ibu guru matapelajaran ini? Apa kesulitan yang kamu
alami dalam mata pelajaran ini?
|
3.
|
Harapan
terhadap pembelajaran oleh guru
|
Pembelajaran
seperti apakah yang kamu inginkan? Pembelajaran seperti apakah yang tidak
kamu inginkan?
|
4.
|
Media dan
sumber belajar
|
Apakah
pembelajaran pada mata pelajaran ini menggunakan media (misalnya alat peraga,
LCD, gambar, benda)? Media apa saja yang pernah digunakan? Apakah ada Buku
Siswa dan Buku Guru sebagai sumber belajar? Apa sumber belajar yang lain?
|
5.
|
Melakukan
Penilaian
|
Bagaimana
cara kamu dinilai? Apakah ada penilaian selain tes? Bagaimana perasaanmu?
|
6.
|
Masalah
siswa
|
Apa
masalah-masalah yang kamu hadapi dalam pembelajaran? Bagaimana kiat kamu
dalam mengatasinya?
|
0 Response to "PANDUAN OBSERVASI FASILITAS DAN SUMBER BELAJAR "
Posting Komentar