PANDUAN OBSERVASI FASILITAS DAN SUMBER BELAJAR


Petunjuk:
Lakukan observasi terhadap lingkungan sekolah serta fasilitas sekolah dengan bantuan lembar observasi berikut ini. Catat secara rinci hasil observasi Anda. Anda dapat memanfaatkan kamera atau video, jika pihak sekolah tidak keberatan.

NO
FASILITAS & SUMBER BELAJAR
ASPEK YANG DIAMATI
1.
Lingkungan sekitar sekolah
Kondisi kondisi alam, sosial, dan ekonomi lingkungan sekitar sekolah.
Potensi lingkungan sekitar sekolah yang dapat digunakan sebagai sumber belajar/media
2.
Lingkungan sekolah (Prasarana)
Kondisi lingkungan sekolah secara umum
Kelas, kantor, lapangan, dan ruang terbuka lainnya
Potensi lingkungan sekolah yang dapat digunakan sebagai sumber belajar/media
3.
Sarana sekolah 
Perpustakaan: buku yang relevan yang tersedia, terutama BS dan BG. Catat buku yang relevan dengan mata pelajaran sebagai sumber belajar.
Laboratorium: catat peralatan yang tersedia beserta kondisinya. Jika tersedia, mintalah dokumen daftar inventaris alat/bahan laboratorium
Internet: ketersediaan internet sebagai sumber belajar.
Media: media yang tersedia. Catat secara detil. Jika tersedia, mintalah dokumen daftar inventaris media.
Lain-lain: sarana lain lingkungan sekolah yang dapat digunakan sebagai sumber belajar/media



PANDUAN WAWANCARA DENGAN SISWA
Petunjuk:
Lakukan wawancara dengan siswa dengan bantuan butir pertanyaan sesuai tabel. Sifat wawancara adalah terbuka, artinya jika diperlukan pertanyaan tambahan, peserta dapat menambahkan lagi pertanyaan rinciannya. Jika tersedia alat perekam, dan siswa tidak keberatan, gunakan alat perekam untuk mendapatkan data yang lebih akurat.

NO
ASPEK
BUTIR PERTANYAAN
1.
Sikap sebagai siswa
Bagaimana perasaanmu sebagai siswa di sekolah ini? Bagaimana suka dukanya? Apa yang paling membuatmu merasa senang? Yang membuatmu merasa tidak senang?
2.
Penerapan metode pembelajaran oleh guru
Bagaimanakah cara pembelajaran Bpk/Ibu guru matapelajaran ini? Apa kesulitan yang kamu alami dalam mata pelajaran ini?
3.
Harapan terhadap pembelajaran oleh guru
Pembelajaran seperti apakah yang kamu inginkan? Pembelajaran seperti apakah yang tidak kamu inginkan?
4.
Media dan sumber belajar
Apakah pembelajaran pada mata pelajaran ini menggunakan media (misalnya alat peraga, LCD, gambar, benda)? Media apa saja yang pernah digunakan? Apakah ada Buku Siswa dan Buku Guru sebagai sumber belajar? Apa sumber belajar yang lain?
5.
Melakukan Penilaian
Bagaimana cara kamu dinilai? Apakah ada penilaian selain tes? Bagaimana perasaanmu?
6.
Masalah siswa
Apa masalah-masalah yang kamu hadapi dalam pembelajaran? Bagaimana kiat kamu dalam mengatasinya?


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PANDUAN OBSERVASI FASILITAS DAN SUMBER BELAJAR "

Posting Komentar